Perbedaan Tinta 14PL dengan 42PL

Apakah perbedaan tinta 14PL dengan 42PL? Mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahui perbedaan tersebut. Nah..kali ini saya akan berbagi informasi mengenai perbedaan tinta 42PL dan tinta 14PL.

Kepanjangan dari PL adalah Pico Liter, biasanya tinta ini banyak digunakan untuk printer yang menggunakan sistem Piezo, penjelasannya adalah struktur dari head bekerja seperti layaknya pompa, jadi aliran tinta yang dipompa melalui karet-karet tipis dan kecil ini yang dinamakan Sistem Piezo, dimana Piezo ini dikendalikan oleh kontrol dari chipset printer yang terhubung dengan komputer.

Printer dengan menggunakan sistem piezo ini sangat cocok digunakan untuk kapasitas cetak tinggi, dan sangat mungkin dilakukan modifikasi dengan menggunakan tabung tinta luar. Karena dengan system ini, Head sangat tahan terhadap tinta yang ada di sela-sela piezo. Dalam system ini, hasil cetak sangat bergantung dengan besaran Pico Liter (PL) pada membran yang ada di ujung paling bawah head. Karena semakin kecil ukuran PL pada membran, maka semakin detail hasil cetak yang didapatkan. Pada tinta, semakin kecil nilai PL (Pico Liter) semakin lembut butiran tintanya.

Karena bila tinta 42PL digunakan pada printer 14PL, bisa membuat mampet atau tersumbatnya membran head pada printer. Hasilnya juga lebih bagus dibanding yang nilai PL_nya tinggi. Cuma kecepatan cetak akan lebih lambat daripada yang ber_PL tinggi. Penjelasan tentang Perbedaan Tinta 14PL dengan 42PL ini saya temukan di http://id.answers.yahoo.com dengan penulisnya yang bernama Rawins. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Tulisan yang lainnya :
Cara melihat kapasitas tinta Canon
Memilih printer bagus tahan lama
Tinta artpaper dan pigment
Perbedaan tinta dye dan sublime

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ariel Mukti - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger